Taruna Madya Program Studi Permesinan Kapal (PMK) meraih “Best Paper” pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Internasional dalam ajang International Scientific Paper Competition SPACE UP 5.0

Prestasi

Taruna Madya Semester 4 Program Studi Permesinan Kapal (PMK) meraih “Best Paper” pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Internasional dalam ajang International Scientific Paper Competition SPACE UP 5.0 yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina pada 25 Maret 2023.

Kompetisi karya ilmiah berskala internasional ini diikuti oleh Universitas dan Politeknik ternama. Sebelumnya kompetisi ini dilakukan penjaringan 10 besar untuk diadu kualitas artikelnya dan kualitas presentasi dari grup-grup peserta kompetisi.

Tim LKTI PKPD yang di wakili oleh kelompok Doa Ibu yang terdiri dari 3 (tiga) Orang Taruna atas nama Moh. Habibie Eka Putra, Frans Ardhy Gunawan, dan Tegar Lagsmana Mengusung judul “Techno-Economic Assesment of OFF-GRID Solar Power Plant Design For Aquaponic Energy Reseoruce”. karya tulis ini dilakukan untuk menganalisis secara teknis dan ekonomi penggunaan PLTS untuk kebutuhan energi aquaponik. Ide ini selaras dengan kebijakan pemerintah tentang penggunaan energi bersih serta kebijakan SDGS.

Dalam implementasinya karya ini menjadi solusi masyarakat untuk berkebun sayur dan berbudidaya ikan. Dalam ide yang dituangkan penggunaan PLTS normalnya harus memiliki investasi, namun setelah itu user tidak akan mengeluarkan pembiayayan untuk penggunaan energi, tetapi hanya perlu sedikit pembiayaan untuk perawatan komponen. Di era sekarang penggunaan PLTS sudah meluas sehingga perlu di aplikasikan dalam suatu bidang guna menghasilkan energi yang bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *