Satuan Pengawas Internal (SPI)

Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik adalah amanat reformasi birokrasi yang harus diwujudkan dan dilaksanakan oleh seluruh instansi pemerintahan. Salah satu upaya mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan yang baik adalah dengan menyusun laporan akuntabilitas dari tugas dan fungsi atas penggunaan anggaran yang telah digunakan selama satu tahun. Hal ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Pengawasan Internal adalah seluruh proses kegiatan audit, review, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik. Pelaksanaan SPI di Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai dilaksanakan secara terorganisir dan mengacu pada sistem sesuai ketentuan yang berlaku. Tim SPI dan SPIP adalah sekelompok pegawai yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengorganisasikan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah di tingkat satuan kerja , dalam hal ini Politeknik KP Dumai.

Demi terwujudnya sistem yang akuntabel, integritas, dan terbuka maka wujud dari penyelenggaraan SPI dan SPIP adalah dapat diaksesnya dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengendalian dan pengawasan intern , salah satunya melalui dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) .