Bhineka “Bincang Menjelang Buka” Edisi Perdana

Bhineka merupakan kegiatan bincang-bincang mengenai beberapa tema yang “relate” ataupun sedang “in”. Bhineka sendiri menjadi istimewa karena dibawakan dengan sangat santai dan gaya kekinian serta disiarkan secara langsung melalui platform media sosial khususnya Instagram dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai (PKPD). Edisi perdana Bhineka yang berlangsung pada senin sore 3 Mei 2021 mengangkat tema penerimaan taruna baru (Pentaru) dengan tajuk “Pendaftaran Buka, Pilih Prodi Mana?“. Rekan-rekan yang terlibat Bhineka kali ini adalah ketua Pentaru yaitu Tyas Dita Pramesthy, M.Si dan para ketua progrma studi yaitu Roma Yuli F Hutapea, M.Si selaku kaprodi Perikanan Tangkap (PTK), Rizqi Ilmal Yaqin, M.Eng selaku kaprodi Permesinan Kapal (PMK) dan Aulia Azka, M.Si selaku kaprodi Pengolahan Hasil Laut (PHL). Acara tersebut dipandu oleh Perdana Putra Kelana, M.Si sebagai podcaster dari PKPD Podcast.

Bhineka edisi perdana ini dibuka dengan membicarakan waktu dimulainya pendaftaran pentaru. Ketua Pentaru menyampaikan bahwasanya waktu pentaru diperkirakan akan dibuka pada minggu ke-2 Mei atau beberapa hari menjelang lebaran, tetapi hal tersebut masih bersifat perkiraan, informasi secara resmi akan disampaikan melalui media-media milik PKPD. Tyas menyarankan bagi seluruh pemirsa Bhineka maupun bagi rekan-rekan yang ingin menjadi taruna/i PKPD ada baiknya menyiapkan berkas-berkas terlebih dahulu seperti ijazah/SKL, KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Bebas Narkoba, Surat Keterangan Bebas Jasmani baik bagi pendaftar jalur umum maupun jalur khusus, dan terdapat syarat tambahan bagi pendaftar jalur khusus yaitu kartu Kusuka/kartu neleyan/surat keterangan Dinas Perikanan bahwa orang tua dari calon pendaftar merupakan pelaku usaha perikanan (nelayan, petambak, pembudidaya, pengolah maupun penjual ikan).

Para ketua prodi memanfaatkan kesempatan ini untuk memaparkan mengenai hal-hal yang akan dipelajari, prospek pekerjaan kedepan dan sertifikat apa saja yang difasilitasi oleh PKPD yang akan diperoleh (apabila taruna lulus ujian sertifikasi) oleh taruna. “PHL merupakan prodi yang bergerak dibidang pengolahan hasil laut agar memiliki nilai tambah baik itu sebagai produk konsumsi maupun non konsumsi” papar Aulia, beliaupun melanjutkan “kebanyakan dari alumni PHL terserap kerja karena menunjukan performa kinerja yang sangat baik saat melaksanakan Kerja Praktik Akhir, sehingga selesai kegiatan tersebut para taruna ditawarkan untuk bekerja dilokasi mereka praktik” hal tersebut juga diamini oleh kaprodi PTK dan PMK.

Apabila rekan-rekan tertarik untuk bergabung menjadi Taruna/i di PKPD, kalian dapat menyaksikan tayangan Bhineka di IGTV pada akun instagram dari PKPD (link tersedia). Informasi mengenai pendaftaran Pentaru akan selalu kami perbaharui diseluruh media sosial milik PKPD, maka pantau terus seluruh media sosial kami. Kami tunggu kehadiran rekan-rekan semua di PKPD.

Perdana PK

Perdana PK

Dosen PTK PKD
Podcaster PKPD Podcast

adminpkpd20